One Stop Informasi Tekno dan Bisnis

Migrasi Blog dari Blogspot ke Wordpress


Blogspot dan Wordpress adalah dua platform terbanyak penggunanya untuk melakukan kegiatan blogging. Kedua platform tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kebanyakan blogger yang sudah memiliki banyak penghasilan saat dari blogspot, mereka akan mengupgradenya menjadi wordpress. Disini terlihat jelas, bahwa wordpress secara garis besar lebih baik dari blogspot.

Jika Anda memang sedang mempersiapkan untuk hal tersebut, maka Anda sedang berada di artikel yang tepat. Karena saya akan berikan bagaimana prosesnya, apa yang harus dilakukan, dapa saja tips agar semua berjalan lancar.

Sebelum saya membahas tips-tips melakukan migrasi dari blogspot ke wordpress, saya akan sampaikan mengapa migrasi ke wordpress adalah pilihan yang tepat.

  • Lebih SEO friendly (sudah banyak teori mengenai hal ini)
  • Ada plugin Yoast SEO yang membantu dalam menulis artikel SEO
  • Lebih profesional, terlebih jika saat memakai blogspot belum ada domain TLD. Di wordpress mau tidak mau harus memakai domain TLD.
  • Bisa daftar google news. (Salah satu syaratnya, blog harus di hosting sendiri).

Proses migrasi dari Blogspot ke Wordpress

Berikut ini adalah langkah-langkah proses migrasi dari blogspot ke wordpress.

1. Proses Ekspor Impor Konten

Cara agar cepat melakukan migrasi, adalah dengan melakukan ekspor dari blogspot, kemudian di impor ke wordpress. Hal ini hanya bisa dilakukan oleh user admin. Jadi, pastikan Anda menjadi admin dimasig-masing blog.

Pada dashboard blogger, pilih menu Setelan > Lainnya > Cadangkan konten. Anda akan mendownload file .xml yang berisi semua konten blog Anda.

Lalu buka dashboard Wordpress, di menu Setting pilih submenu Import. Lalu Anda cukup mengupload file xml tadi pada form yang tersedia.

2. Proses pemulihan Trafik

Proses ini adalah yang paling susah dan tentunya paling penting. Dikatakan wajar jika trafik akan turun beberapa saat setelah migrasi. Hal ini dikarenakan perubahan yang terjadi pada template dan struktur html blog kita.

Dan yang perlu dibenahi adalah link internal yang berada dimasing-masing artikel. Pastikan semua link mengarah ke halaman yang benar. Dan jangan sampai mengarah ke halaman Error. Hal ini sangat melukai SEO.

Jika artikel Anda sudah banyak tentu sangat effort, untuk memperbaikinya. Disini Anda bisa menginstal plugin redirect.

3. Gambar pada artikel

Jika di blogspot Anda, thumbnail suatu artikel akan otomatis muncul jika di artikel tersebut ada gambar. Namun tidak demikian dengan wordpress. Anda harus mengatur Featured Image untuk menjadi thumbnail.

Hal ini juga sangat ribet, mengingat kita harus melakukannya satu per satu pada artikel kita. Saat tulisan ini dibuat, saya belum tahu apakah sudah ada plugin yang meng-otomatiskan hal tersebut.

Selain masalah thumbnail, masalah lainnya adalah semua gambar tetaplah menggunakan hosting blogspot. Hal ini bisa menyebabkan loading blog wordpress Anda lambat meskipun sudah memasang plugin semacam Jetpack, dll.

Tips setelah migrasi blogspot ke wordpress

Wordpress adalah CMS yang paling banyak penggunanya di seluruh dunia. Dan tentu saja, wordpress juga merupakan salah satu sasaran empuk para hacker di seluruh dunia.

Dengan banyaknya pengguna wordpress, artinya peluang hacker untuk mendapatkan yang dia mau lebih besar. Karena hacker-hacker ini lebih tahu cara kerja wordpress dibanding penggunanya. Apalagi pengguna baru seperti Anda.

Makanya ikuti beberapa langkah sederhana berikut ini

1. Selalu update versi wordpress dan plugin

Ketika ada versi terbaru dari sistem wordpress, maka akan muncul tanda di dashbaord wordpress Anda. Begitu juga ketika ada update untuk plugin-plugin wordpress.

Hal ini penting, karena salah satu penyebab diupdate adalah adanya bug /celah vulnerable. Pengembang akan menutupi celah / bug tersebut di versi terupdatenya.

2. Gunakan plugin yang terpercaya

Saya pribadi pernah mengalaminya. Waktu itu saya instal plugin tombol WA. Dan tidak lama kemudian blog wordpress saya berubah menjadi website berbahasa cina yang saya tidak tahu apa artinya.

Namun setelah saya cari tahu dan tanya-tanya di grup grup wordpress, akhirnya hal tersebut bisa saya perbaiki. Dan saya uninstal plugin tombol WA tersebut.

Saya pikir dengan menguninstalnya wordpress saya sudah aman. Ternyata dua minggu kemudian domain saya di suspend dengan alasan digunakan untuk phising. Huft, sebegitu mengerikannya plugintidak resmi di wordpress.

Dari situ saya akhirnya beli hosting baru dan memulai dari awal.

3. Gunakan plugin yang membantu

Untuk keamanan, setidaknya install plugin wordfence dan plugin-plugin untuk mengamankan login. Setidaknya kriteria berikut ini harus Anda terapkan:

  1. Path login asli (/wp-login.php) harus diganti, dan gunakan path unik yang tidak orang lain ketahui
  2. Login salah lebih dari 3 kali maka harus menunggu beberapa menit/jam untuk login kembali.

Kemudian untuk keperluan SEO Anda bisa gunakan plugin Yoast SEO atau RankMath. Dan Anda juga perlu menginstall plugin backup untuk jaga-jaga jika suatu hari Anda kehilangan akses ke wordpress Anda sendiri

4. Gunakan template resmi

Sebisa mungkin gunakan template premium, karena pengembang pasti bertanggung jawab untuk selalu memberikan update jika ada bug / celah keamanan.

Jika memang belum ada budget, pastikan penyedia templatnya terpercaya. Atau jika ragu, gunakan saja tempalte standar dari wordpress.

Penutup

Setelah melakukan semua hal diatas, Insyaallah kedepannya Anda akan merasa nyaman menggunakan wordpress. Memang terkesan pusing diawal, tapi mending seperti itu daripada pusing saat nanti kita kehilangan kontrol atas wordpress kita.

Satu hal terakhir yang ingin saya sampaikan adalah pemilihan hosting.

Tentu saja kita menginginkan hosting terbaik demi keberlangsungan blog wordpress kita. Maka saran saya, belilah hosting pada perusahaan yang sudah memiliki reputasi yang baik.

Jika Anda masih dalam persiapan dan sedang mencari penyedia hosting murah namun dapat diandalkan, cobalah untuk beli di IDWebHost. Jika terjadi hal-hal yang tidak diiginkan, Anda bisa dengan mudah meminta bantuan melalui Whatsapp yang ada di websitenya.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar