PENGUMUMAN !!!
Tanggal 2 - 3 Maret 2019, Zone.id akan melakukan maintenance server. Kemungkinan koneksi akan down.
Terima kasih.

Mau artikelmu muncul disini dan dibaca banyak orang?

Pengertian IP dan Pengelompokannya

Hai teman-teman, berjumpa lagi dengan saya admin ganteng yang ingin memberikan anda ilmu seputar teknologi yang semoga berguna buat pembaca semuanya :)

Bagi teman TKJ ataupun yang hobi dalam hal jaringan tentunya kenal kan dengan yang namanya IP address?
Ip address merupakan ilmu dasar yang wajib kita ketahui, karena setiap proses yang kita pelajari pasti bersangkutan dengan yang namanya IP address, lalu apakah itu IP address? Saya akan menjelaskan sedikit apa itu IP address bagi yang belum tahu.
Sebelum masuk kesitu, kalian harus tahu dulu perbedaan IP dan IP address, ya memang terdengar sepele,namun kedua itu jelas berbeda :)

IP (internet protokol) internet protokol ialah prosedur atau aturan yang digunakan dalam tukar-menukar data dari komputer komputer yang ada di dalam jaringan internet.
IP address ip address adalah sebuah alamat pada komputer agar komputer dapat saling terhubung di dalam sebuah jaringan. Ip sendiri sekarang sudah mencapai ipv6, walaupun begitu ip yang sering digunakan adalah ipv4, selain penggunaannya yang lebih mudah, ip versi ini lebih mudah untuk dimengerti ketimbang ipv6.

Contoh ipv4 yaitu "192.168.1.1". ipv4 terdiri dari 5 kelas, tapi yang sering digunakan hanyalah 3 kelas yaitu A,B,dan C. untuk D dan E sangat jarang dibahas dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi yang akan saya bahas disini ialah ip kelas A B dan C

kelas A :
memiliki network id dari 0-126, contoh "10.0.0.1" 10.0.0 adalah network id nya dan 1 adalah host id nya,host id inilah yang menjadi sebagai alamat sebuah komputer didalam sebuah jaringan,setiap host id tidak ada yang boleh sama didalam satu jaringan,karena itu akan mengakibatkan tabrakan data dan koneksi tidak berjalan.

kelas B :
terdiri dari 128-191. mungkin kalian ada yang bertanya loh 127 nya kemana ? nah jika kalian penasaran tunggu penjelasan lengkapnya di artikel selanjutnya ya :)

kelas C :
kelas c terdiri dari 192-223. nah ip ini sangat sering digunakan oelh orang-orang apalagi untuk bahan pengajaran ip ini lebih sering terlihat dari kelas ip lainnya,untuk contohnya kalian bisa lihat yang diatas :)

Dalam ipv4 pasti mempunyai 4 nama/kategori yakni : IP address, IP network, Subnetmask, dan IP Broadcast.
Contoh :
IP Address : 192.168.1.1
Di dalam ip tersebut ia juga memiliki :
Ip network : 192,168.1.0
Subnetmask : 255.255.255.0
IP Broadcast : 192.168.1.255

IP Address :
alamat komputer. lihat penjelasan di atas.

IP Network :
Segmen jaringan, dengan kata lain bisa disebut juga sebagai pengelompokan suatu jaringan dengan batasan dibuat dan didefinisikan oleh router. Dalam satu jaringan LAN maka IP Network tentu akan sama.

Subnet mask :
subnet mask ialah istilah yang digunakan untuk membedakan network id dan host id. Setiap host di dalam sebuah jaringan yang menggunakan TCP/IP membutuhkan sebuah subnet mask meskipun berada di dalam sebuah jaringan dengan satu segmen saja. Entah itu subnet mask default (yang digunakan ketika memakai network identifier berbasis kelas) ataupun subnet mask yang dikustomisasi (yang digunakan ketika membuat sebuah subnet atau supernet) harus dikonfigurasikan di dalam setiap node TCP/IP.

IP Broadcast :
Merupakan alamat terakhir pada sbuah jaringan / Network yang tidak bisa digunnakan. sesuai namanya Broadcast address Ip ini digunnakan untuk melakukan Broadcasting kesluruh Host didalam sebuah jaringan.


Lalu apa itu Network id dan Host id ?
Network id adalah bagian dari ip address yang menunjukkan di jaringan mana komputer/device tersebut berada.
sedangkan Host id adalah bagian dari ip addres yang menunjukan komputer/router dan alat periferal lainnya yang berada di dalam jaringan tersebut.
Contoh : 192.168.10.1
192.168.10 adalah network id nya sedangkan angka 1 adalah host id nya.