One Stop Informasi Tekno dan Bisnis

Tool untuk Blogger agar sukses

 

 

Saat ini aktivitas blogging memang memiliki fungsi yang semakin luas. Bukan hanya sekadar wadah untuk berbagi informasi melainkan juga sarana untuk melakukan promosi. Meski demikian, fungsi tersebut baru akan dapat berjalan maksimal manakala blog Anda memang memiliki performa yang baik. Menariknya, saat ini sudah ada banyak tool yang bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas blog.

Tool untuk Blogger

Pada dasarnya, ada banyak sekali tool untuk blog. Mulai dari tool untuk membuat, mensetting, memposting, hingga tool khusus ketika Anda ingin mempromosikan blog. Manfaat penggunaan tool-tool tersebut pun sangat besar untuk meningkatkan kualitas blog Anda yang pada akhirnya bisa meningkatkan pula pengunjung yang datang ke blog Anda. Maka, seorang blogger wajib mengetahui sejumlah tool penting untuk blog seperti berikut ini.

Domain dan Hosting

Domain dan hosting adalah tool wajib untuk memulai aktivitas blog. Anda pun tidak perlu khawatir karena saat ini sudah ada banyak sekali pihak yang menyediakan layanan domain dan hosting dengan harga dan spesifikasi yang beragam. Meski demikian, domain WordPress dan Wix menjadi tool untuk blogger yang paling menjadi rekomendasi. Sementara itu, WPEngine, Bluehost, dan GoDaddy menjadi tool hosting yang umumnya paling banyak digunakan.

Content editor

Content editor sejatinya merupakan alat untuk membuat konten di blog Anda memiliki format yang rapi. Mulai dari penulisan, readibility, hingga grammar-nya. Hal tersebut tentu sangat penting untuk meningkatkan kualitas konten blog Anda. Adapun tool content editor yang paling direkomendasikan adalah Grammarly. Selain membantu memperbaiki penulisan konten blog, tool itu juga dapat digunakan untuk mengecek plagiat sehingga konten Anda bisa unik.

Content Idea Generator

Bagi Anda blogger pemula mungkin masih sering merasa kesulitan atau kebingungan pada saat ingin membuat konten. Menariknya, kesulitan tersebut tidak perlu terlalu dipikirkan lagi karena saat ini sudah ada tool untuk blogger yang akan membantu Anda mendapat ide konten dari satu kata yang dimasukkan pada tool conten idea generator. Adapun salah satu contoh tool content idea generator yang bisa dicoba adalah HubSpot’s Blog Generator dan Portent.

Analytics Tool

Terus memposting konten tanpa melakukan pengecekan terhadap kondisi blog tentu merupakan hal yang keliru. Bagaimanapun juga seorang blogger harus selalu memeriksa pertumbuhan dan perkembangan dari kualitas blog yang dimiliki. Anda pun tidak perlu bingung caranya karena Anda bisa menggunakan tool seperti Google Analyticsm Ahrefs, Miz, dan SEMrush.

Keyword Research

Penggunaan keyword yang tepat pada konten tentu dapat menjadi cara untuk meningkatkan pengunjung blog Anda. Oleh karena itu, tool untuk blogger yang juga wajib dipakai adalah tool keyword research. Adapun contoh yang paling populer dari tool tersebut adalah Moz Ahrefs, dan SEMrush. Perlu diketahui bahwa tool-tool tersebut berbayar. Namun, Anda bisa menggunakan Ubersuggest jika ingin gratis, tetapi fitur yang disediakan memang terbatas.

Tool untuk Blogger yang Terakhir Adalah Monetisasi dan Advertising

Aktivitas blogging memang menjadi salah satu cara untuk menghasilkan uang. Salah satunya dengan pemasangan iklan di blog. Meski demikian, hal itu dapat terjadi apabila Anda menggunakan tool yang tepat. Google AdSense menjadi tool yang bisa Anda gunakan untuk melacak kinerja dari iklan yang sudah dipasang.

Itulah sejumlah tool untuk blogger. Maksimalkanlah penggunaan tool-tool tersebut agar kualitas dan performa dari blog Anda bisa semakin meningkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar