Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memaksimalkan WhatsApp Menggunakan Fitur-Fitur Tersembunyi

 


Meski sebenarnya sudah lama diketahui tetapi belum banyak orang yang tahu tentang fungsi-fungsi rahasia yang dimiliki oleh WhatsApp (WA). Padahal, fitur-fitur tersebut sebenarnya bisa Anda gunakan untuk meningkatkan privasi serta kenyamanan dalam menggunakan aplikasi pesan instan tersebut.

Tips Meningkatkan Kenyamanan Pengguna WhatsApp

Menggunakan aplikasi seperti WA terkadang membuat Anda kurang nyaman karena beberapa hal. Baik itu karena privasi yang kurang terjaga sampai notifikasi yang terus-menerus mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu, berikut beberapa tips goodbizid.com untuk meningkatkan kenyamanan dalam menggunakan WA menggunakan fitur-fitur tersembunyi.

1. Menghilangkan pesan

Fitur ini masih cukup baru sehingga belum banyak yang mengetahuinya. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menghilangkan berbagai pesan dari percakapan tertentu. Ketika fitur ini diaktifkan maka semua pesan akan dihilangkan dari obrolan setelah 1 minggu.

Fitur ini bisa diaktifkan dengan mudah cukup dengan mengetuk obrolan atau kontak, pilih opsi Disappearing massage kemudian pilih ON. Namun, perlu diingat jika meski pesan sudah hilang tetapi gambar atau file yang telah dikirimkan sebelumnya masih akan tetap tersimpan di perangkat Anda,

2. Ekspor percakapan

Untuk menyimpan pesan penting, Anda bisa memilih ekspor pesan. Caranya mudah cukup dengan menekan tombol Menu kemudian pilih opsi More lalu klik Export Chat. Untuk pengguna WA yang tidak menggunakan perangkat Android, Anda bisa mengetuk nama kontak kemudian scroll halaman Contact Info hingga ke bawah lalu pilih opsi Eksport Chat.

3. Menyembunyikan tanda centang biru

Tanda centang biru sendiri menandakan jika pesan yang dikirim sudah dibuka dan dibaca oleh penerima. Jika Anda merasa terganggu dengan fitur ini maka Anda bisa mengaktifkannya dengan cara yang cukup sederhana. Anda hanya perlu masuk ke menu Pengaturan kemudian masuk ke Akun, pilih opsi Privasi kemudian klik Untick Read Receipt.

Namun, perlu Anda ketahui jika fitur centang biru ini dinonaktifkan maka Anda juga tidak akan melihat tanda centang biru pada pesan yang sudah Anda kirimkan ke orang lain.

4. Menyembunyikan status terakhir

Fitur dilihat terakhir atau Last Seen memungkinkan pengguna lain untuk melihat kapan Anda online terakhir kali. Untuk menyembunyikan status tersebut Anda hanya cukup masuk ke menu Pengaturan kemudian pilih Akun pilih opsi Privasi dan terakhir klik Terakhir Dilihat.

5. Mematikan notifikasi grup

Jika Anda merasa terganggu dengan grup yang terlalu berisik maka Anda bisa memilih untuk membisukan notifikasi menggunakan fitur Mute Group Notification. Anda bisa memilih ingin mematikan notifikasi untuk 8 jam, 1 minggu, atau seterusnya.

Caranya mudah yaitu dengan mengetuk grup yang berisik tersebut selama beberapa saat kemudian pilih mute dan pilih opsi seberapa lama Anda ingin mematikan notifikasi.

6. Mengecek detail pesan

Belum banyak yang tahu jika aplikasi Whatsapp memiliki fitur yang bisa memberitahu pengguna tentang waktu kapan pesan dikirim atau diterima oleh pengguna lain. Cukup dengan menekan chat yang dimaksud selama beberapa saat kemudian pilih lambang tanda seru (!) untuk melihat informasi lengkapnya.

Cara di atas hanya berlaku untuk pengguna Android. Bagi Anda yang bukan pengguna Android maka Anda bisa melakukannya dengan cara menekan pesan yang dimaksud kemudian menggeser kearah kiri lalu pilih lambang tanda seru (!) untuk melihat informasi lengkapnya.

Berikut merupakan sedikit tip untuk meningkatkan privasi serta kenyamanan saat menggunakan WA baik untuk perangkat Android maupun bukan. Sebenarnya masih ada beberapa fitur tersembunyi lain yang menarik namun 6 fitur di atas merupakan yang paling populer.

Posting Komentar untuk "Memaksimalkan WhatsApp Menggunakan Fitur-Fitur Tersembunyi"