Mau artikelmu muncul disini dan dibaca banyak orang?

Apa itu Blind Spot pada kendaraan bermotor?

 
 
Pernah mendengar kata Blind Spot pada kendaraan bermotor? Jika belum tahu, titik buta dalam berkendara merupakan bagian dari sekeliling yang tidak bisa terlihat pada saat mengemudikan sepeda motor atau mobil. Faktornya, karena beberapa alasan seperti jangkauan pandangan yang terbatas cermin alias spion, hingga terhalang oleh muatan yang dibawa. 
 
Biasanya, terjadi di sebelah kiri dan kanan pengemudi. Menurut General Manager Technical Service Toyota Astra Motor (TAM) Dadi Hendriadi, kondisi seperti itu bisa terjadi karena ada batasan atau aturan mengenai spesifikasin spion yang tidak boleh terlalu cembung. "Jadi ketika pengemudi melihat ke kanan atau ke kiri, kendaraan di sekitar tidak terlihat. 
 
Itu yang dinamakan blind spot atau titik buta," kata Dadi kepada Otomania.com, Selasa (28/2/2017). Masing-masing kendaraan punya titik buta berbeda-beda. Misal, mobil penumpang di sebelah kiri dan kanan pengemudi, sementara mobil box dan truk, pandangan melalui cermin tengah tidak ada.
 
Spion blind spot
 
dalam konteks berkendara adalah bagian dari sekeliling mobil yang tidak kelihatan karena beberapa alasan, misalnya jangkauan spion yang terbatas atau terhalang oleh muatan yang dibawa.

Letak titik buta tergantung pada jenis kendaraan. Pada mobil penumpang misalnya, titik buta ada di sebelah kiri dan kanan pengemudi. Sementara pada truk gandeng biasanya pengemudi tidak bisa melihat benda yang lebih rendah.
 
 

Blind spot atau titik buta pada mobil.

Untuk mengantisipasinya, biasanya digunakan spion blind spot yang bentuknya kecil dan ditempelkan pada spion utama di kanan dan kiri mobil. Cermin yang lebih cembung membuat spion ini bisa mengantisipasi titik buta.

Tetapi, tidak bisa begitu saja memasang spion tambahan ini. Jika salah posisi pemasangan, alih-alih menghilangkan, titik buta justru akan semakin luas. Lantas, bagaimana posisi yang benar memasang spion blind spot?

Menurut laman Toyota Astra, spion blind spot harus diposisikan sedemikian rupa agar tidak mengurangi pandangan kaca spion utama.

Posisi yang tepat dalam memasang spion ini adalah di sisi dalam bagian atas spion utama. "Bidang pandang kaca spion utama tidak akan terganggu," tulis laman Toyota Astra.Sementara posisi yang salah dalam memasang spion blind spot adalah pada sisi luar bagian bawah kaca utama. Posisi tersebut justru dapat membuat banyak objek tidak terlihat melalui kaca spion utama.

Pemasangan kata tambahan ini berlaku pada kendaraan yang belum dilengkapi kaca spion jenis multivex, yaitu spion yang bersisi melengkung pada bagian luar.

Selain itu, cara antisipasi titik buta lainnya adalah dengan mengatur ulang kaca spion dengan melebarkan jangkauan serta menoleh sedikit saat akan menyalip atau belok, tidak hanya melihat ke arah spion.