Alasan kenapa pemasangan di hosting, tidak gratis

Tidak seperti pemasangan pada blogspot yang gratis sampai kapanpun, pemasangan pada hosting sedikit berbeda. Pengguna harus membayar terlebih dahulu, baru dapat menikmati layanan ini.

Kenapa tidak digratiskan saja?


Perlu Anda ketahui, diluar sana banyak sekali pemburu domain gratis + hosting gratis yang dengan sengaja melakukan perbuatan kurang menyenangkan. Yaitu:

1. Web phising / Fake login. (tampilan login palsu suatu web, untuk mendapatkan data loginnya).
2. Scam page. (halaman web penipuan)
3. Menyebar spam (menyebarkan link secara brutal / sehingga dinilai mencurigakan).
4. Bitcoin mining (menambang bitcoin).
5. Pemasangan iklan (yang kemungkinan mengandung malware)

Mari kita bahas soal spamming dan web phising


Bayangkan bila sehari ada 15 spammer, membuat 10 akun dimana ada 5 domain di setiap akun. Artinya ada 5x10x15 = 750 subdomain dalam sehari terdaftar.
Bila digunakan untuk membuat webphising, mungkin semua akun media sosial / game online Anda dalam keadaan bahaya sekarang.

Lalu apa hubungannya dengan berbayarnya layanan ini?


Secara logika orang yang bergelut dibidang internet, akan selalu mencari keuntungan / uang tambahan untuk mengganti biaya kuota, biaya hosting, biaya warnet, dll.
Begitu juga phisinger (para pembuat web phising), mereka juga akan memanfaatkan akun yang terjebak untuk kepentingan ekonomi mereka. Bisa jadi akun tersebut dijual, atau untuk referal, atau apapun.

Sebagai seorang pebisnis, merekapun akan mencari bahan / alat dengan modal semurah mungkin (bahkan gratis), untuk menghasilkan keuntungan sebanyak mungkin. Makanya kebanyakan web phising atau scam page, domainnya murah atau gratis. seperti .tk, .ga, dan lain-lain.

Kenapa tidak digratiskan dulu? Siapa tahu perkiraan admin salah.


Mungkin masih ada yang bertanya lagi, "Emang yakin bakalan disalahgunakan? Bisa jadi itu hanya perkiraan admin yang keliru".
Layanan zone.id pada hosting bukan baru kali ini dibuka. Di bulan Agustus 2017 zone.id sudah tersedia untuk hosting secara gratis dan dibulan Oktober 2017, layanan tersebut resmi ditutup.

Apa yang sebenarnya terjadi bila layanan ini gratis?


Saya menemukan banyak sekali subdomain yang terdaftar tidak benar-benar untuk menghosting website secara wajar. Apa yang saya dapatkan?
1. Web phising game online (COC, Garena, dll) dengan embel-embel character dan senjata gratis.
2. Web phising facebook, gmail dengan embel-embel pulsa gratis.
3. Peringatan keamanan dari Malwarebytes, Virustotal, Norton dan Google Safebrowsing

Saya membuat keputusan ini, bukan asal-asalan dan data kosong.
Tapi karena pengalaman pahit yang pernah terjadi sebelumnya. Sekarang, tujuan tidak digratiskannya layanan ini, saya kira sudah cukup jelas.